Rabu, 04 Desember 2013

Strategi SimSE Rapid Prototyping Game



Pada Rapid Prototyping game, yang harus dilakukan adalah menyelesaikan sebuah proyek dalam batas waktu 825 ticks time. Disini terdapat 5 orang software engineer akan tetapi dalam pengerjaan proyek tidak perlu membagi tugas apa-apa sebab semuanya dikerjakan secara bersama-sama. Yang harus dilakukan pada awal main adalah memilih prototyping language dan implementation language. Setelah saya mencoba beberapa kali dengan menggunakan metode saya, prototyping language yang paling terbaik adalah Visual Basic karena dalam pengerjaannya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Java ataupun C++ . Untuk implementation language, Visual Basic tidak bagus karena banyak terjadi eror ketika dilakukan implement. Oleh karena itu, saya memilih Java untuk implementation. Sebenarnya, baik Java maupun C++ sama saja karena ketika sama mencoba mengganti Java menjadi C++ dengan menggunakan metode yang sama, hasil yang saya dapatkan tetap sama. Setelah memilih, lakukan “Outline Requirements With Customer”. Seperti yang telah saya katakan di atas, semua pengerjaannya harus menyertakan seluruh software engineer. Setelah itu, lakukan “Develop Prototype”. Ketika sedang berjalan, tiba-tiba kegiatan terhenti karena customer mau melihat prototype. Abaikan saja sampai persentase prototype menjadi 100 (persentase ini dapat dilihat pada bagian artifacts item yang pertama). Barulah setelah itu hasil prototype diberikan kepada customer untuk dievaluasi. Pilih “Have customer evaluate prototype”. Setelah persentase evaluasi sudah mencapai 100, maka akan terjadi penurunan pada persentase prototype. Maka perlu dilakukan “Develop Prototype” kembali. Namun, apabila kita melakukan “Develop Prototype” sampai 100 kembali, maka akan membuang banyak waktu sedangkan waktu yang diberikan terbatas. Disinilah saya lakukan metode penghematan waktu dengan menggunakan fitur Advance Clock. Atur waktunya menjadi 30 pada kolom di bawah tulisan “Advance Clock”. Lakukan “Develop Prototype” kemudian klik “Advance Clock” bukan “Next Event”. Hentikan “Develop Prototype” kemudian berikan kembali kepada customer untuk dievaluasi. Persentase evaluasi wajib kembali menjadi 100 oleh karena itu klik “Next Event” saja untuk mempercepat. Lakukan “Develop Prototype” kembali dengan batas waktu 30 ticks time seperti yang dilakukan sebelumnya. Kemudian hentikan “Develop Prototype” lalu serahkan kembali ke customer untuk dievaluasi. Ingat, persentase evaluasi wajib 100. Setelah itu lakukan “Develop Prototype” sekali lagi untuk terakhir kalinya namun dalam batasan waktu 24 ticks time saja. Hentikan “Develop Prototype” kemudian serahkan kembali ke customer untuk dievaluasi terakhir. Setelah persentase evaluasi menjadi 100, lakukan “Create requirements specification”. Lakukan sampai persentase menjadi 100 (lihat pada item kedua di bagian artifacts). Kemudian lakukan “Design system”. Sama seperti sebelumnya, lakukan hingga persentase menjadi 100 (dapat dilihat pada item ketiga di bagian artifacts). Setelah selesai, lakukan “Implement system” dan tunggu sampai persentase menjadi 100 (lihat item keempat pada bagian artifacts). Setelah itu, hal terakhir yang dilakukan adalah menyerahkan kepada customer. Pilih “Deliver final product to customer”. Game sudah selesai dengan maksimal skor yang saya dapatkan adalah 98.


Sumber : http://www.ics.uci.edu/~emilyo/SimSE/downloads.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar