Pada Rapid Prototyping game, yang harus dilakukan adalah
menyelesaikan sebuah proyek dalam batas waktu 825 ticks time. Disini terdapat 5
orang software engineer akan tetapi dalam pengerjaan proyek tidak perlu membagi
tugas apa-apa sebab semuanya dikerjakan secara bersama-sama. Yang harus
dilakukan pada awal main adalah memilih prototyping language dan implementation
language. Setelah saya mencoba beberapa kali dengan menggunakan metode saya,
prototyping language yang paling terbaik adalah Visual Basic karena dalam
pengerjaannya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Java ataupun C++ .
Untuk implementation language, Visual Basic tidak bagus karena banyak terjadi
eror ketika dilakukan implement. Oleh karena itu, saya memilih Java untuk
implementation. Sebenarnya, baik Java maupun C++ sama saja karena ketika sama
mencoba mengganti Java menjadi C++ dengan menggunakan metode yang sama, hasil
yang saya dapatkan tetap sama. Setelah memilih, lakukan “Outline Requirements
With Customer”. Seperti yang telah saya katakan di atas, semua pengerjaannya
harus menyertakan seluruh software engineer. Setelah itu, lakukan “Develop
Prototype”. Ketika sedang berjalan, tiba-tiba kegiatan terhenti karena customer
mau melihat prototype. Abaikan saja sampai persentase prototype menjadi 100
(persentase ini dapat dilihat pada bagian artifacts item yang pertama). Barulah
setelah itu hasil prototype diberikan kepada customer untuk dievaluasi. Pilih
“Have customer evaluate prototype”. Setelah persentase evaluasi sudah mencapai
100, maka akan terjadi penurunan pada persentase prototype. Maka perlu
dilakukan “Develop Prototype” kembali. Namun, apabila kita melakukan “Develop
Prototype” sampai 100 kembali, maka akan membuang banyak waktu sedangkan waktu
yang diberikan terbatas. Disinilah saya lakukan metode penghematan waktu dengan
menggunakan fitur Advance Clock. Atur waktunya menjadi 30 pada kolom di bawah
tulisan “Advance Clock”. Lakukan “Develop Prototype” kemudian klik “Advance
Clock” bukan “Next Event”. Hentikan “Develop Prototype” kemudian berikan
kembali kepada customer untuk dievaluasi. Persentase evaluasi wajib kembali
menjadi 100 oleh karena itu klik “Next Event” saja untuk mempercepat. Lakukan “Develop
Prototype” kembali dengan batas waktu 30 ticks time seperti yang dilakukan
sebelumnya. Kemudian hentikan “Develop Prototype” lalu serahkan kembali ke
customer untuk dievaluasi. Ingat, persentase evaluasi wajib 100. Setelah itu
lakukan “Develop Prototype” sekali lagi untuk terakhir kalinya namun dalam
batasan waktu 24 ticks time saja. Hentikan “Develop Prototype” kemudian
serahkan kembali ke customer untuk dievaluasi terakhir. Setelah persentase
evaluasi menjadi 100, lakukan “Create requirements specification”. Lakukan
sampai persentase menjadi 100 (lihat pada item kedua di bagian artifacts).
Kemudian lakukan “Design system”. Sama seperti sebelumnya, lakukan hingga
persentase menjadi 100 (dapat dilihat pada item ketiga di bagian artifacts).
Setelah selesai, lakukan “Implement system” dan tunggu sampai persentase
menjadi 100 (lihat item keempat pada bagian artifacts). Setelah itu, hal
terakhir yang dilakukan adalah menyerahkan kepada customer. Pilih “Deliver
final product to customer”. Game sudah selesai dengan maksimal skor yang saya
dapatkan adalah 98.
Sumber : http://www.ics.uci.edu/~emilyo/SimSE/downloads.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar